SILABUS
Sekolah :
MI Mabadil Huda Banjaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : III (Tiga) / I (Satu)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajran
|
A W
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
|
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan.
|
Cerita Anak
|
-Mendengarkan dengan seksama cerita
yang disampaikan
-Menuliskan tokoh-tokoh cerita beserta
watak/sifatnya
-Memberikan tanggapan terhadap
tokoh-tokoh dalam cerita secara lisan.
|
-Mendengarkan cerita lisan dari guru
-Mencatat tokoh-tokoh dan wataknya
-Member tanggapan terhadap tokoh-tokoh
dalam cerita secara lisan
|
5 JP
|
--Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan
MI Kelas III
-Modul Pembelajaran
-Kamus Bahasa Indonesia
|
-lisan
-tertulis
-performan
|
2.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan atau saran
|
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita
anak yang disampaikan secara lisan
|
Cerita Anak
|
-Menyimak dengan seksama cerita yang
dibacakan orang lain
-Mengidentifikasi watak-watak tokoh
-Memberikan komentar terhadap
tokoh-tokoh dalam cerita
|
-Menyimak cerita anak yang dibacakan
oleh guru
-mencatat tokoh-tokoh beserta wataknya
-Memberikan komentar terhadap
tokoh-tokoh dalam cerita
|
7 JP
|
-Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan MI
Kelas III
-Modul Pembelajaran
-Cerita rakyat
|
Lisan
Tertulis
|
3.
Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
Cerita Anak
|
-Membaca dengan seksama cerita yang
dibacakan orang lain
-Menceritakan pengalaman menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
-Menulis cerita tentang pengalaman
sendiri
|
-Membaca cerita anak yang dibacakan
oleh guru
-Menceritakan pengalaman sendiri
-Menulis cerita tentang pengalaman
|
8 JP
|
-Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan MI
Kelas III
-Modul Pembelajaran
-Cerita rakyat
|
Lisan
Tertulis
|
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
2.2 Menjelaskan urutan membuat /
melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
Teks Petunjuk membuat sesuatu
|
-Menjelaskan urutan membuat mainan
anak-anak
-Menjelaskan cara menggunakan mainan
anak-anak dengan memperagakan di depan teman-temannya
|
-Menjelaskan urutan membuat mainan
anak-anak
-Menjelaskan cara menggunakan mainan
anak-anak dengan memperagakan di depan teman-temannya
|
15 JP
|
-Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan MI
Kelas III
-Modul Pembelajaran
|
Lisan
Tertulis
|
5.
Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
|
2.3 Memberikan tanggapan dan saran
sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
pilihan kata yang tepat.
|
Masalah yang ada di sekitar anak
|
-Mengidentifikasi masalah yang pernah
dialami diri sendiri
-Menyampaikan masalah dengan kalimat
yang runtut
-Menanggapi masalah dengan kalimat
yang runtut
|
-Menemukan beberapa masalah yang
pernah dialami
-Menceritakan satu masalah dengan
kalimat yang runtut
-Menanggapi masalah temannya dengan
kalimat yang runtut
|
7 JP
|
Masalah Anak
|
|
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
|
3.1 Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Teks 20-25 kalimat
|
-Membaca nyaring teks dengan lafal dan
intonasi yang tepat
-Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi
teks
-Menyatakan pendapat berkaitan dengan
isi teks
|
-Membaca nyaring teks 20-25 kalimat
dengan lafal dan intonasi yang tepat secara klasikal
-Membaca nyaring secara bergiliran
dengan lafal dan intonasi yang tepat
-Menjawab pertanyaan yang diberikan
guru secara tetulis
-Menyatakan pendapat berkaitan dengan
isi teks
|
8 JP
|
-Modul Pembelajaran
|
-lisan
-tertulis
|
7.
Memahami teks dengan membaca intensif
(150-200 kata) dan membaca puisi
|
3.2 Menjelaskan isi teks (100-150
kata) melalui membaca intensif.
|
Teks (100-150 kata)
|
-Membaca secara intensif teks 100-150
kata
-Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi
teks
-Menyatakan pendapat berkaitan dengan
isi teks
|
-Membaca dalam hati teks yang
disediakan guru
-Menjawab pertanyaan isi bacaan
-Menjelaskan isi teks dengan kalimat
sendiri secara runtut
|
10
JP
|
Modul Pembelajaran Eksis
|
-lisan
-tertulis
|
8.Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan informasi dalam
karangan sederhana dan puisi.
|
3.3 Menceritakan isi dongeng yang
dibaca
|
Dongeng
|
-Menjelaskan tokoh-tokoh dongeng
beserta sifatnya
-Menanggapi watak-watak tokoh dongeng
-Menceritakan isi dongeng dengan
kalimat sendiri secara tertulis
|
-Membaca dongeng dengan intensif
-Tokoh-tokoh beserta sifat-sifatnya
-Mencerikan isi dongeng dengan kalimat
sendiri secara tertulis
|
7 JP
|
Modul Pembelajaran Eksis
|
-lisan
-tertulis
|
9.Mengungkapkan pikiran, perasaan dan
informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
|
4.1
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan.
|
Menyusun Paragraf
|
-Menyusun
paragraf yang sudah tersedia menjadi karangan yang utuh
-Melanjutkan
paragraf yang belum lengkap menjadi karangan yang utuh
-Membuat
paragraf berdasarkan gambar
|
-Disediakan gambar bertema
-Melengkapi paragraf yang belum
lengkap berdasarkan gambar
-Membuat paragraf dan mengurutkan
berdasarkan gambar
-Membaca hasil karangan di depan kelas
-Menanggapi karangan yang dibacakan
oleh teman
|
13 JP
|
Modul Pembelajaran Eksis
|
-lisan
-tertulis
-performan
|
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan
dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
|
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan
gambar.
|
Puisi rumpang
|
-Melengkapi puisi anak berdasarkan
gambar dengan kalimat runtut secara tertulis
-Mendeklamasikan puisi di depan teman
-Menanggapi puisi yang dibaca teman
|
-Disediakan gambar tema lingkungan
-Melengkapi puisi rumpang
-Membacakan puisi di depan temannya
-Menanggapi puisi yang dibacakan oleh
teman
|
10
JP
|
Modul Pembelajaran Eksis
|
-lisan
-tertulis
-Performan
|
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline). Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery).
|
|||||||
Banjaran, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MI-MH Guru
Kelas III
Muchid, M. Pd. I Nur
Kholimah, S.Hum.
NIP.
196702152002011004 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar