Senin, 28 November 2016

SILABUS 2016/2017



SILABUS

Sekolah                       : MI Mabadil Huda Banjaran
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : III (Tiga) / I (Satu)

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajran
A W
Sumber Belajar
Penilaian
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
Cerita Anak
-Mendengarkan dengan seksama cerita yang disampaikan
-Menuliskan tokoh-tokoh cerita beserta watak/sifatnya
-Memberikan tanggapan terhadap tokoh-tokoh dalam cerita secara lisan.
-Mendengarkan cerita lisan dari guru
-Mencatat tokoh-tokoh dan wataknya
-Member tanggapan terhadap tokoh-tokoh dalam cerita secara lisan
5 JP
--Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas III
-Modul Pembelajaran
-Kamus Bahasa Indonesia
-lisan
-tertulis
-performan
2.Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan atau saran
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
Cerita Anak
-Menyimak dengan seksama cerita yang dibacakan orang lain
-Mengidentifikasi watak-watak tokoh
-Memberikan komentar terhadap tokoh-tokoh dalam cerita
-Menyimak cerita anak yang dibacakan oleh guru
-mencatat tokoh-tokoh beserta wataknya
-Memberikan komentar terhadap tokoh-tokoh dalam cerita
7 JP
-Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas III
-Modul Pembelajaran
-Cerita rakyat
Lisan
Tertulis
3. Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
Cerita Anak
-Membaca dengan seksama cerita yang dibacakan orang lain
-Menceritakan pengalaman menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
-Menulis cerita tentang pengalaman sendiri
-Membaca cerita anak yang dibacakan oleh guru
-Menceritakan pengalaman sendiri
-Menulis cerita tentang pengalaman

8 JP
-Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas III
-Modul Pembelajaran
-Cerita rakyat
Lisan
Tertulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
2.2 Menjelaskan urutan membuat / melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
Teks Petunjuk membuat sesuatu
-Menjelaskan urutan membuat mainan anak-anak
-Menjelaskan cara menggunakan mainan anak-anak dengan memperagakan di depan teman-temannya
-Menjelaskan urutan membuat mainan anak-anak
-Menjelaskan cara menggunakan mainan anak-anak dengan memperagakan di depan teman-temannya
15 JP
-Buku Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas III
-Modul Pembelajaran

Lisan
Tertulis
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
Masalah yang ada di sekitar anak
-Mengidentifikasi masalah yang pernah dialami diri sendiri
-Menyampaikan masalah dengan kalimat yang runtut
-Menanggapi masalah dengan kalimat yang runtut
-Menemukan beberapa masalah yang pernah dialami
-Menceritakan satu masalah dengan kalimat yang runtut
-Menanggapi masalah temannya dengan kalimat yang runtut
7 JP
Masalah Anak

6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan  pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Teks 20-25 kalimat
-Membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
-Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks
-Menyatakan pendapat berkaitan dengan isi teks
-Membaca nyaring teks 20-25 kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat secara klasikal
-Membaca nyaring secara bergiliran dengan lafal dan intonasi yang tepat
-Menjawab pertanyaan yang diberikan guru secara tetulis
-Menyatakan pendapat berkaitan dengan isi teks
8  JP
-Modul Pembelajaran

-lisan
-tertulis

7. Memahami teks  dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi
3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif.
Teks (100-150 kata)
-Membaca secara intensif teks 100-150 kata
-Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks
-Menyatakan pendapat berkaitan dengan isi teks
-Membaca dalam hati teks yang disediakan guru
-Menjawab pertanyaan isi bacaan
-Menjelaskan isi teks dengan kalimat sendiri secara runtut
10  JP
Modul Pembelajaran Eksis
-lisan
-tertulis

8.Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi  dalam karangan sederhana dan puisi.
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
Dongeng
-Menjelaskan tokoh-tokoh dongeng beserta sifatnya
-Menanggapi watak-watak tokoh dongeng
-Menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri secara tertulis
-Membaca dongeng  dengan intensif
-Tokoh-tokoh beserta sifat-sifatnya
-Mencerikan isi dongeng dengan kalimat sendiri secara tertulis

7 JP
Modul Pembelajaran Eksis
-lisan
-tertulis

9.Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Menyusun Paragraf
-Menyusun paragraf yang sudah tersedia menjadi karangan yang utuh
-Melanjutkan paragraf yang belum lengkap menjadi karangan yang utuh
-Membuat paragraf berdasarkan gambar
-Disediakan gambar bertema
-Melengkapi paragraf yang belum lengkap berdasarkan gambar
-Membuat paragraf dan mengurutkan berdasarkan gambar
-Membaca hasil karangan di depan kelas
-Menanggapi karangan yang dibacakan oleh teman
13 JP
Modul Pembelajaran Eksis
-lisan
-tertulis
-performan
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
Puisi rumpang
-Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan kalimat runtut secara tertulis
-Mendeklamasikan puisi di depan teman
-Menanggapi puisi yang dibaca teman
-Disediakan gambar tema lingkungan
-Melengkapi puisi rumpang
-Membacakan puisi di depan temannya
-Menanggapi puisi yang dibacakan oleh teman
10  JP
Modul Pembelajaran Eksis
-lisan
-tertulis
-Performan
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline). Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery).



Banjaran,   Juli 2016  
Mengetahui,                                                                           
            Kepala Sekolah MI-MH                                                         Guru Kelas III           

                       
Muchid, M. Pd. I                                                                    Nur Kholimah, S.Hum.
            NIP. 196702152002011004                                                   NIP.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar