PROGRAM PEMBELAJARAN SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
SEKOLAH : MI Mabadil Huda Banjaran
MATA
PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS
/ SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar
Kompetensi :
1.
Mendengarkan : Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
2.
Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
3.
Membaca : Memahami teks dengan membaca nyaring,
membaca intensif dan membaca dongeng
4.
Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
1.1 Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.
|
-Mendengarkan dengan seksama cerita yang
disampaikan
-Menuliskan tokoh-tokoh cerita beserta
watak/sifatnya
-Memberikan tanggapan
terhadap tokoh-tokoh dalam cerita secara lisan.
|
Cerita anak
|
5 JP
|
|
OPD
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MID SEMESTER
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SEMESTER I
|
|
|
|
|
|
1.2Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
|
-Menyimak
dengan seksama cerita yang dibacakan orang lain
-Mengidentifikasi
watak-watak tokoh
|
Cerita anak
|
5 JP
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
2JP
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Perbaikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Banjaran, Juli 2016
Kepala
Sekolah MI Guru Kelas
Muchid,
M.Pd.I Nur Kholimah, S.Hum
NIP.
196702152002011004 NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
SEKOLAH : MI Mabadil Huda Banjaran
MATA
PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS
/ SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar
Kompetensi :
1.
Mendengarkan : Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
2.
Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
3.
Membaca : Memahami teks dengan membaca nyaring,
membaca intensif dan membaca dongeng
4.
Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
-Membaca dengan seksama cerita yang
dibacakan orang lain
-Menceritakan pengalaman menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
-Menulis cerita
tentang pengalaman sendiri
|
Cerita anak
|
8 JP
|
|
OPD
|
|
|
3
|
5
|
|
|
|
|
|
MID SEMESTER
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SEMESTER I
|
|
|
|
|
|
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau
melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
-Menjelaskan urutan membuat mainan
anak-anak
-Menjelaskan cara
menggunakan mainan anak-anak dengan memperagakan di depan teman-temannya
|
Petunjuk membuat
sesuatu
|
15 JP
|
|
|
|
|
|
|
5
|
5
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Memberikan tanggapan dan saran
sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan
pilihan kata yang tepat
|
-Mengidentifikasi masalah yang pernah dialami diri sendiri
-Menyampaikan masalah dengan kalimat yang runtut
-Menanggapi masalah
dengan kalimat yang runtut
|
Masalah yang ada
di sekitar anak
|
5 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Perbaikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Banjaran, Juli 2016
Kepala
Sekolah MI Guru Kelas
Muchid,
M.Pd.I Nur Kholimah, S.Hum
NIP.
196702152002011004 NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
SEKOLAH : MI Mabadil Huda Banjaran
MATA
PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS
/ SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar
Kompetensi :
1.
Mendengarkan : Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
2.
Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
3.
Membaca : Memahami teks dengan membaca nyaring,
membaca intensif dan membaca dongeng
4.
Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
|
-Membaca
nyaring teks (20-25) dengan lafal dan intonasi yang tepat
-Menyimpulkan
isi teks dalam suatu kalimat
-Menjawab
pertanyaan bacaan
|
Teks (20-25
kalimat)
|
8 JP
|
|
OPD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MID SEMESTER
|
3
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SEMESTER I
|
|
|
|
|
|
3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata)
melalui membaca intensif
|
-
Membaca
secara intensif teks 100-150 mata
-
Menjawab
pertanyaan bacaan secara lisan
-
Menjelaskan
isi teks dengan kalimat sendiri secara lisan
|
Teks (100-150)
kata
|
10 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
|
-Menjelaskan
tokoh-tokoh dongeng beserta sifatnya
-Menanggapi
watak-watak tokoh dongeng
-Menceritakan
isi dongeng dengan kalimat sendiri secara tertulis
|
Dongeng
|
5 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Perbaikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Banjaran, Juli 2016
Kepala
Sekolah MI Guru Kelas
Muchid,
M.Pd.I Nur Kholimah, S.Hum
NIP.
196702152002011004 NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
SEKOLAH : MI Mabadil Huda Banjaran
MATA
PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS
/ SEMESTER : III (Tiga) / 1 (satu)
Standar
Kompetensi :
1.
Mendengarkan : Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan
2.
Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
3.
Membaca : Memahami teks dengan membaca nyaring,
membaca intensif dan membaca dongeng
4.
Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
4.1 Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan
ejaan.
|
-Menyusun paragraf yang sudah tersedia menjadi karangan yang utuh
-Melanjutkan paragraf yang belum lengkap menjadi karangan yang
utuh
-Membuat paragraph
berdasarkan gambar
|
Menyusun
Paragraf
|
13 JP
|
OPD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MID
|
|
|
|
|
|
|
3
|
5
|
5
|
|
|
SEMESTER
|
|
|
|
|
|
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan
gambar.
|
-Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan kalimat runtut
secara tertulis
-Mendeklamasikan puisi
di depan teman
-Menanggapi puisi
yang dibaca teman
|
Puisi Rumpang
|
8 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
||
|
Perbaikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Banjaran, Juli 2016
Kepala
Sekolah MI Guru Kelas
Muchid,
M.Pd.I Nur Kholimah, S.Hum
NIP.
196702152002011004 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar