Jumat, 25 November 2016

RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) Bahasa Indonesia KELAS III



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III (Tiga) / I (Satu)
Waktu : 5 x 35 Menit (5 x JP)
  1. Standar Kompetensi
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
B. Kompetensi Dasar
3.1. Membaca nyaring teks (20-25) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
C. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2.      Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks yang dibaca.
3.      Siswa dapat menceritakan kembali isi teks.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline). Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery).
D. Indikator
1.      Membaca nyaring teks (20-25) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2.      Menjawab pertanyaan setelah membaca teks.
3.      Menceritakan kembali isi teks.
E. Materi Pokok
Membaca nyaring teks (20-25) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F. Metode
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan, Presentasi
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan  Pertama :
1.      Kegiatan Awal/Pendahuluan
Apersepsi
-          Guru memberikan salam kepada para siswa dilanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran.
-          Guru mengabsen kehadiran para siswa.
-          Guru memotivasi belajar siswa dengan cara melanjutkan sebuah judul bacaan serta member contoh cara membaca yang benar.
-          Pembagian kelompok siswa untuk diskusi.
-          Penjelasan tentang tujuan dan penilaian belajar yang akan dicapai.
-          Guru menyiapkan alat peraga pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Informasi tentang membaca nyaring.
-          Secara berkelompok bekerjasama mendiskusikan tugas.
-          Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi benar didepan teman sekelompoknya secara bergantian.
-          Siswa kemudian mengerjakan lembar kerja dengan tekun.
-          Guru dan siswa membahas hasil lembar kerja dengan penuh ketelitian.
Elaborasi
-          Guru membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
-          Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-          Guru member kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-          Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
-          Guru memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-          Guru memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
Konfirmasi
-           Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.      Penutup
-           Guru menginformasikan kepada siswa cara membaca yang sudah benar.
-          Siswa mengerjakan tugas sendiri.
-          Tindak lanjut guru memberi PR secara individu.
Pertemuan kedua
1.           Kegiatan Awal/Pendahuluan
Apersepsi
-          Guru mengabsen kehadiran siswa.
-          Guru memotivasi siswa dalam belajar dengan cara member contoh cara membaca yang baik dan benar.
-          Guru menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan bacaan.
-          Pembagian kelompok siswa untuk diskusi.
-          Penjelasan tentang tujuan dan penilaian hasil belajar.
2.           Kegiatan inti
Eksplorasi
-          Informasi tentang menjawab dan menceritakan kembali isi bacaan.
-          Secara berkelompok bekerjasama mendiskusikan tugas.
-          Membaca dengan nyaring sebuah bacaan didepan teman kelompoknya.
-          Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang terkaitan dengan bacaan dengan penuh ketelitian.
-          Siswa menceritakan kembali isi bacaan dengan tekun.
-          Siswa mengerjakan lembar kerja lalu membahasnya bersama-sama guru dengan disiplin.
Elaborasi
-          Guru membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
-          Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-          Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-          Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
-          Guru memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-          Guru memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
Konfirmasi
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
3.      Penutup
-          Guru menyimpulkan tentang isi bacaan bersama-sama dengan siswa.
-          Siswa mengerjakan tugas mandiri.
-          Tindak lanjut baru member PR secara individu.
H.  Sumber / Alat dan Bahan
1. Sumber
a. Bahan Bahasa Indonesia kelas 3.
b. Modul Pembelajaran Eksis.
2. Alat dan Bahan
a. Teks bacaan 20-25 kata.
b. Gambar
I. Penilaian
Tertulis.       Naskah Ulangan Harian di Modul Pembelajaran Eksis





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III (TIGA)/ 1 (Satu)
Waktu : 5 x 35 Menit (5 x JP)
  1. Standar Kompetensi
4.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan Informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
  1. Kompetensi  Dasar
4.1               Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperlihatkan penggunaan ejaan.
  1.  Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyusun paragraf yang sudah tersedia menjadi karangan utuh
2. Siswa dapat melanjutkan paragraf yang sudah tersedia menjadi karangan yang utuh.
3. Siswa dapat  membuat paragraf berdasarkan gambar.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline). Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery).
  1. Indikator
-Menyusun paragraf yang sudah tersedia menjadi karangan yang utuh
-Melanjutkan paragraf yang belum lengkap menjadi karangan yang utuh
-Membuat paragraf  berdasarkan gambar
  1. Materi Pokok
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperlihatkan penggunaan ejaan.
  1. Metode
Ceramah, Tanya jawab, diskusi, penugasan, persentasi.
  1. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
  1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
-          Guru memberikan salam kepada para siswa dilanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran.
-          Guru mengabsen kehadiran para siswa.
-          Guru memotivasi belajar siswa dengan cara melanjutkan sebuah judul bacaan serta member contoh cara membaca yang benar.
-          Pembagian kelompok siswa untuk diskusi.
-          Penjelasan tentang tujuan dan penilaian belajar yang akan dicapai.
-          Guru menyiapkan alat peraga pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-                                    Guru memberikan  informasi tentang menyusun paragraf.
-                                    Secara berkelompok bekerjasama mendiskusikan tugas: menyusun paragraf tersedia menjadi karangan yang utuh.
-                                    Perwakilan kelompok melaporkan hasil kerjanya dengan penuh tanggaug jawab.
-                                    Kelompok yang lain menanggapinya.
-                                    Siswa mengerjakan lembar kerja dengan tekun.
-                                    Guru dan siswa membahas hasil lembar kerja dengan penuh ketelitian.
Elaborasi
-            Guru membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas tugas tertentu yang bermakna.
-            Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-            Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-                                    Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
-            Guru memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-            Guru memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan dengan dengan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
Konfirmasi
-                                    Guru Tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-            Guru bersama siswa Tanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
  1. Penutup
-             Guru menyimpulkan penyusunan paragraf yang benar.
-             Siswa mengerjakan tugas mandiri.
-             Tindak lanjut guru memberi PR secara individu.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal/ Pendahuluan
Apresepsi
-                                    Guru mengabsen kehadiran siswa.
-            Guru memotivasi siswa dalam belajar dengan cara member contoh cara menyusun paragraf yang belum urut serta melanjutkan paragraf yang belum selesai.
-                                    Guru mempersiapkan model pembelajaran dan alat peraga.
-                                    Pembagian kelompok siswa untuk diskusi.
-                                    Penjelasan tentang tujuan dan penilaian yang akan dicapai.
-                                    Guru menyiapkan alat peraga pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-            Informasi tentang melanjutkan  paragraf dan membuat paragraf berdasarkan gambar
-             Secara berkelompok bekerja sama mendiskusikan tugas.
-             Melanjutkan tugas yang belum selesai berdasarkan gambar.
-            Perwakilan dari kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya dengan penuh tanggung jawab.
-             Siswa mengerjakan lembar dengan tekun.
-             Pembahasan hasil lembar kerja dengan penuh ketelitian.
-             Elaborasi
-            Guru membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melaui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
-            Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untukmemunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-            Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-             Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
-            Guru memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-            Guru memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok. Konfirmasi
-             Guru Tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-            Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, membeikan penguatan dan penyimpulan.
3. Penutup
-            Guru menyimpulkan menginformasikan tentang kalimat yang sesuai untuk melanjutkan paragraf.
-             Guru menyimpulkan penyusunan paragraf yang benar.
-             Siswa mengerjakan tugas mandiri.
-             Tindak lanjut guru memberi PR seacara individu.
H.  Sumber / Alat dan Bahan
1. Sumber :    a.) Bahan Bahasa Indonesia kelas 3.  b. )Modul Pembelajaran Eksis.
2. Alat dan Bahan: a. Gambar seni
I. Penilaian
Tertulis
Naskah Ulangan Harian di Modul Pembelajran Eksis.
Banjaran,    Juli 2016 
Mengetahui,                                                                           
            Kepala Sekolah MI-MH                                                         Guru Kelas III           
                       
Muchid, M. Pd. I                                                                    Nur Kholimah, S.Hum
NIP. 196702152002011004                                                   NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI Mabadil Huda
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : III (TIGA)/ 1 (Satu)
Waktu                        : 10 x 35 Menit
  1. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan Informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
  1. Kompetensi  Dasar
  2. 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
  3.  Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan cara pemilihan kata  yang tepat dan bahasa yang indah.
2. Siswa dapat mendeklamasikan puisi di depan teman
3. Siswa dapat  menanggapi puisi yang dibaca teman
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline). Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery).
  1. Indikator
-Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan kata dan bahasa yang indah secara tertulis.
-Mendeklamasikan puisi di depan teman
-Menanggapi puisi yang dibaca teman
  1. Materi Pokok
Puisi Rumpang
  1. Metode
Ceramah, Tanya jawab, penugasan.
  1. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
  1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
-          Guru memberikan salam kepada para siswa dilanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran.
-          Guru mengabsen kehadiran para siswa.
-          Guru memotivasi belajar siswa dengan cara menjelaskan materi  dan memberikan contoh.
-          Penjelasan tentang tujuan dan penilaian belajar yang akan dicapai.
-          Guru menyiapkan alat peraga atau bahan tambahan dalam pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-            Guru memberikan  informasi tentang cara melengkapi puisi berdasarkan gambar.
-            Secara individu mengerjakan tugas: melengkapi puisi yang rumpang.
-            siswa melaporkan hasil kerjanya dengan penuh tanggaug jawab.
-            siswa yang lain menanggapinya.
-            Siswa mengerjakan lembar kerja dengan tekun.
-            Guru dan siswa membahas hasil lembar kerja dengan penuh ketelitian.
Elaborasi
-            Guru membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas tugas tertentu yang bermakna.
-            Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-            Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-            Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
-            Guru memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-            Guru memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan dengan dengan baik lisan maupun tertulis, secara individual ataupun kelompok.
Konfirmasi
-            Guru Tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-            Guru bersama siswa Tanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
  1. Penutup
-             Guru menyimpulkan cara melengkapi puisi rumpang.
-             Siswa mengerjakan tugas mandiri.
-             Tindak lanjut guru memberi PR secara individu.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal/ Pendahuluan
Apresepsi
-            Guru mengabsen kehadiran siswa.
-            Guru memotivasi siswa dalam belajar dengan cara memberi contoh cara melengkapi puisi berdasarkan gambar  serta mendeklamasikan puisi di depan teman.
-            Guru mempersiapkan model pembelajaran dan alat peraga.
-                                    Pembagian kelompok siswa untuk diskusi.
-                                    Penjelasan tentang tujuan dan penilaian yang akan dicapai.
-                                    Guru menyiapkan alat peraga pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-            Informasi tentang melanjutkan  mendeklamasikan puisi dan teman yang lain menanggapi
-             Secara berkelompok bekerja sama mendiskusikan tugas.
-             Melanjutkan tugas yang belum selesai berdasarkan gambar.
-            Perwakilan dari kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya dengan penuh tanggung jawab.
-             Siswa mengerjakan lembar dengan tekun.
-             Pembahasan hasil lembar kerja dengan penuh ketelitian.
-             Elaborasi
-            Guru membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melaui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
-            Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untukmemunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
-            Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
-             Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
-            Guru memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-            Guru memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok. Konfirmasi
-             Guru Tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-            Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, membeikan penguatan dan penyimpulan.
3. Penutup
-            Guru menyimpulkan menginformasikan tentang cara melengkapi puisi dengan kalimat yang indah
-            Guru menyimpulkan gaya membaca puisi  dan menaggapi puisi teman secara benar.
-             Siswa mengerjakan tugas mandiri.
-             Tindak lanjut guru memberi PR seacara individu.
H.  Sumber / Alat dan Bahan
1. Sumber :    a.) Buku Bahasa Indonesia kelas 3.                b. )Modul Pembelajaran Eksis.
2. Alat dan Bahan: a. Puisi bergambar
I. Penilaian
a. Tertulis                                b.Naskah Ulangan Harian di Modul Pembelajran Eksis.
Banjaran,    Juli 2016 
Mengetahui,                                                                           
            Kepala Sekolah MI-MH                                                         Guru Kelas III           
                       
Muchid, M. Pd. I                                                                    Nur Kholimah, S.Hum
NIP. 196702152002011004                                                   NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar